Friday, April 24, 2020

Softskill Manajemen Layanan SI 2.1 Sebutkan dan Jelaskan komponen dari I.T.I.L serta berikan contoh


1. SERVICE SUPPORT
Service support membahas tentang proses dan komponen dalam operasional IT sehari hari seperti Incident Management, Problem Management, Change Management, Configuration Management dan Release Management. Pada dasarnya service support menjelaskan proses support dari IT untuk operasional sehari-hari, bagaimana cara menangani suatu incident sebelum akhirnya masuk ke dalam problem management. Setiap komponen dari proses pada IT service management mempunyai peran masing-masing diantaranya adalah :
  • Service desk sebagai single point of contact.
  • Release Management dalam melakukan testing suatu teknologi baru sebelum diimplementasi.
  • Build knowledge based untuk membantu mempercepat penyelesaian suatu incident.

2. SERVICE DELIVERY
Komponen-komponen dari Service Delivery ini adalah Financial Management for IT Services, Availability Management, Capacitiy Management, IT Service Continuity Management, Service Level Management. Service Delivery ini merupakan tactical proses artinya untuk mendukung bisnis dari sisi IT Service Management dalam jangka panjang bukan untuk operasional yang dilakukan setiap hari.


No comments:

Post a Comment